Solusi Untuk Menangkal Sifat Buruk Manusia Dalam menjalani hidup, Sifat buruk manusia akan selalu mengiringi dan menghiasi perjalanan hidup sebagai manusia. Terkadang keburukan sifat seseorang lebih dominan dari sifat baiknya. Sudah terbukti sifat buruk itu sendiri akan menghambat tingkat kesuksesan manusia. Berikut beberapa solusi untuk menangkal sifat buruk manusia:

1. Tetap Berpegang Teguh Kepada Dasar Agama dan Petunjuk Allah.SWT

Allah SWT berfirman: “Turunkanlah kamu semaunya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunju-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
(QS. Al-Baqarah: 38)

2. Tetap Menjaga Ketaatan dalam Kondisi Sesulit Apapun

Menjaga ketaatan dalam sebuah kondisi sesulit apapun, di sini bermakna bersegera menyambut amalan kebaikan. Contohnya seperti syair yang dilantunkan Abdullah bin Rawahah untuk menggugah semangatnya saat nyalinya mulai runtuh di perang mut’ah.

Ketika dua orang sahabatnya yang juga komandan pasukan pergi mendahuluinya. “Wahai jiwa, jika syurga sudah di depan mata mengapa engkau ragu meraihnya?”

Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 133:

“Dan bersegeralah kami kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.”
(QS. Ali Imran: 133)

3. Menjaga Keteguhan Iman

Layaknya manusia, memiliki iman yang bersifat fluktuatif, terkadang naik dan terkadang turun. Sama halnya seperti yang dikhawatirkan sahabat Hanzalah, ketika ia curhat kepada Abu Bakar bahwa ia termasuk orang yang celaka.

Mengapa demikian? Karena ia merasa imannya turun ketika jauh dari Rasulullah SAW. Ternyata itulah yang dirasakan lelaki dengan iman tanpa goyah itu. Sehingga mereka berdua akhirnya menghadap Rasulullah SAW.

Mendengar permasalahan mereka, Rasulullah SAW pun hanya tersenyum dan menjawab, “Selangkah demi selangkah Hanzalah!”

Namun sungguh, iman seorang muslim yang baik, akan terus memiliki kekuatan untuk meningkat.

Di saat seperti inilah mungkin kesetiaan kita kepada Allah SWT diuji. Apakah kita dapat belajar mencintai-Nya di atas segala sesuatu, belajar mencintai sesuatu karena Allah SWT, dan belajar membenci kekufuran.

4. Selalu Berjama’ah

Dalam kondisi sendiri manusia akan lemah, dan kuat saat mereka berjama’ah.

Diatas adalah penjelasan Solusi Untuk Menangkal Sifat Buruk Manusia, manusia adalah hamba-Nya Allah SWT yang diciptakan lebih sempurna dari makhluk lainya maka dari itu manusia memiliki bermacam sifat baik dan buruk terlepas dari itu tinggal kesadaran manusia itu sendiri mana yang ia pilih, memilih baik ia akan mendapatkan kebaikan jika ia memilih buruk maka ia akan diberi keburukan juga begitu adil dan sayang-Nya Allah kepada manusia.

Sumber : https://islamedia.web.id/sifat-manusia-menurut-islam/ Editing : lacodeid.com

VIEW 25
Tidak ada artikel terkait
150 karakter tersisa. comment


Lacodeid.com
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore.